SD MP3: SELAMAT HARI ANAK NASIONAL
(Sebuah Refleksi Orangtua Bijak Dalam Memilihkan Sekolah Untuk Anak)

By: Machdar R Dahuri (Staff Pendidik di SD MP3)

Sekilas tentang Hari Anak Nasional (HAN) yang jatuh setiap tanggal 23 Juli, sejatinya telah diresmikan melalui Kepres Nomor 44 Tahun 1984 yang ditandatangani 4 hari sebelum perayaan. Perayaan HAN yang pertama ditandai dengan Konperensi Nasional Pembinaan dan Pengembangan Kesejahteraan Anak di Istana Negara. Kegiatan tersebut digelar berbarengan dengan Kongres ke-4 KNPI di Binagraha.

Peran keluarga dalam perlindungan anak sangatlah penting. Orangtua hendaknya memperhatikan jam tidur anak, berikan cinta tanpa syarat, dukung kompetensi mereka, dan terakhir, pastikan anak makan tepat waktu dengan makanan yang bergizi.

Tiap orang tua tentu memiliki pendekatan yang berbeda dalam mendidik anak. Namun, kita sepakat, apapun caranya pasti pendekatan tersebut pada dasarnya dilakukan agar anak tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik.

Apabila anak-anak kita ingin menjadi pribadi yang religius, berani, mandiri, jujur, disiplin serta sederet karakter lainnya melekat pada dirinya sampai dewasa maka perlu memilih sekolah berbasis agama. Tentu semua sekolah memiliki keunggulan masing-masing namun yang terpenting adalah memilih sekolah yang fokus pada penanaman karakter serta dalam pembelajaran sehari-hari selalu bersinggungan dengan Al Qur’an. Hal ini penting mengingat Al Qur’an adalah sumber dari segala ilmu, tentu apabila anak-anak kita hafal dan pandai dalam pembelajaran Al Qur’an maka bisa dipastikan kemampuan akademiknya akan berbanding lurus.

Tentu, hal demikian bukan sesuatu yang mudah untuk dilakukan. Maka perlu adanya peran serta guru dalam membimbing anak saat di sekolah. Sehingga orangtua hendaknya pandai dalam memilihkan sekolah anak, khususnya tingkat SD yang menjadi modal dasar anak untuk menuju ke jenjang pendidikan berikutnya. Sebab SD merupakan sekolah dasar dengan waktu terlama yakni selama 6 tahun.

Salah satu SD Muhammadiyah di kota Yogyakarta yang fokus dalam pembelajaran Al Qur’an dan penanaman karakter siswa adalah SD Muhammadiyah Pakel Program Plus Yogyakarta yang berada di Jl. Pakel Baru 40 Sorosutan Umbulharjo.

Di SD MP3 anak-anak akan disuguhkan kurikulum sekolah yang dikenal dengan kurikulum Program Plus yang sudah diluncurkan sejak tahun 1998. Di sini orangtua tentu berharap banyak akan keberhasilan tujuan pendidikan. Namun semua itu hanya dapat tercapai jika ada sinergitas antara guru, siswa dan orangtua siswa. Sehingga pola penanaman karakter dapat dilakukan dengan maksimal. Yang tentu pada akhirnya akan terwujud generasi islam yang unggul, seimbang antara ilmu dan amalnya didasari akhlak mulia.

www.sdmuhpakel.sch.id