Siswa SD MP3 Mampu Tersenyum Dengan PD

By: Machdar R Dahuri, M.Pd.l

Umbulharjo. Rabu, 28 Febuari 2018 SD MP3 yang berada di komplek masjid Mataram jl. Pakel Baru 40 Sorosutan Umbulharjo Yogyakarta sebanyak 350 siswa kelas 3-5 mengikuti penyuluhan kesehatan gigi dan mulut oleh petugas Puskesmas Umbulharjo.

Kegiatan penyuluhan bertempat di serambi masjid Mataram. Anak-anak kelas 3-5 berkumpul sesuai dengan jenjang kelas masing-masing untuk mendapatkan penyuluhan.

Kegiatan tersebut rutin dilaksanakan setiap tahun sebagai bentuk kerjasama antara sekolah dengan dinas kesehatan setempat. Hal tersebut dilakukan dengan harapan kesehatan gigi dan mulut siswa SD MP3 senantiasa terpantau dan terjaga dengan baik. Lebih daripada itu, diharapkan semua siswa SD MP3 mampu menjaga kesehatan gigi dan mulutnya dengan baik dan benar.

Selain mendapatkan penyuluhan, anak-anak juga langsung mendapatkan penanganan medis secara ringan bila ada indikasi masalah pada gigi atau mulutnya. Anak-anak dipanggil secara urut sesuai no. Absen dan jenjang kelas masing-masing.

Namun sekiranya masalah yang ada pada gigi anak tersebut tidak mampu ditangani oleh petugas maka diberikan rujukan untuk diperiksa lebih lanjut ke dokter spesialis gigi dan mulut.

Dari sekian banyak anak yang diperiksa, ternyata tidak lebih dari 5% anak yang dianggap punya masalah gigi. Masalah tersebut rata-rata hanya ada pada gigi yang mengalami caries atau ompong.

Semoga ke depan anak-anak SD MP3 semakin mampu menjaga kesehatan gigi dan mulut sehingga mereka akan senantiasa PD saat tersenyum.