Penandatangangan Prasasti Peresmian Gedung Baru Unit 3 SD MP3 Yogyakarta oleh Bpak Dr. H.Haedar Nasir , M.Si Ketua Umum PP Muhammadiyah

Penandatangangan Prasasti Peresmian Gedung Baru Unit 3 SD MP3 Yogyakarta oleh Bapak Dr. H.Haedar Nasir , M.Si Ketua Umum PP Muhammadiyah

Oleh: Machdar R Dahuri, M.Pd.l

MILAD KE-51 DAN PERESMIAN GEDUNG UNIT 3 SD MUHAMMADIYAH PAKEL
By: Machdar R Dahuri, M.Pd.I (staff Pendidik SD Muh. Pakel)

Umbulharjo. SD Muhammadiyah Pakel Program Plus Yogyakarta yang berada di Jl. Pakel baru 40 Sorosutan Umbulharjo adalah satu-satunya SD Muhammadiyah di kota Yogyakarta yang telah menerapkan system Fullday School sejak tahun 1998. Adapun jam belajar siswa kelas 1 – 2 mulai jam 06:45 sampai 13:00 WIB sedangkan kelas 3 – 6 sampai jam 16:00 WIB. Mulai tahun 2017/2018 sudah melaksanakan 5 hari sekolah dengan tambahan kegiatan 11 ektrakurikuler yang dilakukan saat hari Jum’at.
Yang membuat berbeda dengan sekolah Muhammadiyah lainnya adalah SD Muhammadiyah Pakel mentargetkan kelas 1 harus sudah selesai Iqra’ jilid 6 agar bisa wisuda sebagai salah satu syarat naik ke kelas 2. Selain itu kelas 3 sudah selesai juz 30 sehingga siswa lulus minimal hafal 2 juz yaitu juz 30 dan 29.
Semula penerimaan peserta didik hanya 2 rombel kelas, namun sejak kepemimpinan kepala sekolah baru yakni Menik Kamriana, S.Ag setiap tahun membuka kuota 3 kelas. Banyak prestasi yang telah diraih, diantaranya juara Lomba Drumband Se-DIY tahun 2017, Juara 2 Tahfidz Putri dalam Lomba MTQ tingkat provinsi DIY.
Karena semakin banyak antusiasme orang tua untuk menyekolahkan anaknya di SD Muhammadiyah Pakel, maka pihak sekolah dengan PCM berinisiatif untuk melakukan pembangunan gedung baru sebab yang sudah ada tidak mencukupi. Akhirnya pada tahun 2015 sekolah membebaskan tanah seluas 300 M untuk dibangun gedung berlantai 3. Sejak mulai pembebasan tanah sampai pembangunan tidak terlepas dari permasalahan dana, akhirnya panitia bekerja keras untuk mencari donatur maupun pinjaman lunak ke berbagai pihak.
“Kami merasa bersalah karena beberapa tahun terakhir sering menolak siswa baru karena kuota kelas yang terbatas. Maka kami selaku PCM senantiasa mendorong dan membantu pihak sekolah untuk segera mencari lahan dan melakukan pembangunan gedung sebagai ruang kelas baru. Alhamdulilah mendapatkan lahan di utara kampus SD Muhammadiyah Pakel unit 1” kata Mursih Haryono, BA selaku Ketua PCM Umbulharjo.
Pada akhir Desember 2017 pembangunan gedung unit 3 setinggi 3 lantai selesai juga dan prasasti peresmian diandatangani oeh Ketua Umum PP Muhammadiyah Bapak Dr. H. Haedar Nasir, M.Si. Pada hari Ahad 7 januari 2018 sekaligus acara Milad sekolah yang ke-51 secara simbolik pengguntingan pita dilakukan oleh Bapak Dahlan Rais. Rencananya lantai 1 dan 2 pada gedung baru tersebut digunakan sebagai ruang kelas siswa. Sedangkan lantai 3 digunakan untuk aula sekolah.
Selain acara peresmian gedung baru tersebut juga dilangsungkan acara Jalan Sehat dan Sepeda Hias bagi seluruh warga sekolah baik siswa maupun orang tuanya. Di sampin itu juga ada beberapa kegiatan lainnya yakni aksi Donor Darah, Pemeriksaan Kesehatan dan Gigi Gratis, Pentas Seni.
“Kegiatan ini bertujuan untuk lebih mendekatkan SD Muhammadiyah Pakel kepada masyarakat sekaligus menunjukkan bahwa keberadaan SD kami juga bermanfaat untuk masyarakat luas. Di samping itu juga wujud syukur kami kepada Allah sebab pada tahun 2017 ini kami mendapat banyak hadiah, yaitu sekolah kami terakreditasi A dengan nilai 96 berpredikat Unggul dan juga siswa yang mendaftar di sekolah kami sudah hampir penuh. Dengan adanya kegiatan tahunan seperti ini maka harapan kami SD Muhammadiyah Pakel ke depan semakin mendapat dukungan dari masyarakat sehingga sekolah ini mampu menjadi alternatif pilihan utama bagi orang tuanya untuk menyekolahkan putra-putrinya” kata Menik Kamriana selaku kepala sekolah SD Muhammadiyah Pakel.
Menurut Dahuri selaku Humas sekolah, kegiatan Milad ke-51 sekaligus peresmian gedung baru tersebut rencananya diikuti oleh 2.000 peserta baik dari semua warga sekolah, Sponsorsip, tamu undangan maupun masyarakat sekitar.
“Panitia Milad menyiapkan undangan dan kupon sebanyak 2.000 dengan harapan acara akan semakin meriah. Adapun tamu undangan tersebut adalah sebanyak 1.200 siswa dan orangtuanya, tamu VIP dari PP Muhammadiyah, PWM, PDM, Wali Kota, Kepala Dinas Pendidiakn Kota, 7 Camat, PCM Umbulharjo, PCA Umbulharjo, Pengawas PAI dan SD, Kepala UPT, Lurah dan PRM. Selain itu undangan juga diberikan kepada pihak sponsorship serta mayarakat sekitar. Banyak Doorprice yang disipakan panitia, diantaranya hadiah utama Kulkas, Mesin Cuci dan Sepeda Gunung serta ratusan hadiah hiburan lainnya”.