MERANGKUL WALI SISWA BARU MENJADI KELUARGA BESAR SD MP3 YOGYAKARTA

Sambutan hangat Bapak-Ibu Guru SD MP3 kepada Orangtua/ Wali Siswa Baru dalam Orientasi Wali Siswa Baru SD MP3 2019/2020

Oleh: Machdar R Dahuri (Staff Pendidik SD MP3)

Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, SD Muhammadiyah Pakel Program Plus Yogyakarta yang lebih dikenal dengan sebutan SD MP3 setiap akan memasuki tahun pelajaran baru mengadakan orientasi wali murid baru. Hal ini dimaksudkan untuk menyamakan visi, misi, sekaligus memperkenalkan wajah sekolah dan program kegiatannya. Harapannya ada semacam daya rangkul sebagai bagian dari menjalin silaturrahmi antar sekolah, komite dan wali ssiwa baru sehingga  tumbuh rasa kebersamaan, rasa memiliki dan solidaritas yang tinggi terhadap sekolah. Tentu yang tidak kalah pentingnya adalah menanamkan rasa bangga pada wali siswa baru terhadap SD MP3.

Menyadari akan pentingnya peran orang tua terhadap keberhasilan pendidikan anak, maka mereka sangat antusias untuk hadir pada acara yang digelar di Aula lantai 3 gedung SD MP3. Untuk tahun ajaran baru 2019/2020 ini acara orientasi wali siswa baru diikuti oleh 102 wali siswa kelas I serta 4 wali siswa pindahan, yaitu masing-masing 2 anak kelas III dan lV.

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu 13 Juli 2019 mulai pukul 08.00 – 10.00 WIB. Sebelumnya disajikan pemutaran video profil sekolah dengan maksud wali ssiwa baru semakin mantap dan bangga dengan SD MP3. Video tersebut menggambarkan proses KBM di sekolah yang menyenangkan dengan berbagai alat dan media penunjang pembelajarannya. Wali siswa baru juga dapat melihat secara gamblang gedung yang dimiliki SD MP3, ruang kelas yang representatif karena dilengkapi dengan LCD proyektor. Ada masjid Mataram sebagai pusat laboratorium agama, lapangan sebagai pusat kegiatan olah raga, laboratorium komputer, perpustakaan serta fasilitas penunjang lainnya.

Dalam kesempatan itu, Bapak H. Mursih Haryono, BA selaku ketua PCM Umbulharjo menyampaikan pentingnya peran orangtua dalam mendidik anak. Terlebih orangtua harus mampu menjadikan anak sebagai sarana untuk shadaqah jariyah, mendapatkan ilmu yang bermanfaat serta menjadikannya anak shalih sehingga mampu menjadi anak-anak yang qurata ’ayun yakni menyejukkan hati serta membanggakan kedua orangtuanya. Dari ketiga hal tersebut salah satunya doa anak yang sholih. Untuk mencapai cita-cita memiliki anak yang sholih harus ada kerjasama yang sinergi antara guru, orang tua, dan siswa. Karena tidak mungkin hanya mengandalkan peran guru di sekolah tanpa bantuan dan motivasi dari orang tua di rumah. Anak lebih cenderung mengikuti kebiasaan orang tua dari pada perintah dari orang tua.

Untuk mensukseskan dalam mendidik anak, orang tua harus berkomitmen:

  1. Proaktif dan kooperatif
  2. Terampil dalam pendampingan belajar anak
  3. Terampil dalam memotivasi prestasi anak
  4. Bertanggung jawab atas keberhasilan anak

Senada dengan penjelasan kepala SD MP3, Bunda Menik Kamriana, S.Ag, beliau menyampaikan dalam ulasannya bahwa SD MP3 memiliki karakter yang berbeda dengan sekolah-sekolah Muhammadiyah lainnya, yakni terletak pada kurikulum program plusnya. Kurikulum yang menyajikan teori dan praktek keagamaan yang lebih banyak bersinggungan dengan Al Qur’an sebagai sebuah kepribadian dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya ada pelajaran Qira’ah wa Kitabah (Baca tulis Al Qur’an) bagi kelas 1 harus selasai iqra’ jilid 6. Di samping itu ada Tahfidzul Qur’an (Hafalan Qur’an), Tahsinul Qur’an (Pembagusan bacaan Al Qur’an), Tarjamatul Qur’an wa Du’a (Tarjamah surat-surat pilihan da Do’a) dan program-program lainnya yang menunjang penanaman karakter siswa.

Beliau menambahkan, pentingnya kerjasama antara orangtua dengan guru di sekolah sehingga kita harus saling marangkul karena menjadi keluarga besar SD MP3. Sekiranya ada hal-hal positif yang ada di SD MP3 mohon bisa diinformasikan ke masyarakat secara luas namun jika ada kekurangan dari SD MP3 hendaknya sekolah diberi saran dan kritikkan yang membangun.

Dengan berbagai program kegiatan penunjang pendidikan karakter siswa tersebut, diharapkan kelak terbentuk generasi qur’ani yang shalih serta mampu bersaing di era globalisasi. Pun demikian, SD MP3 harus secara maksimal memberikan pelayanan terbaiknya, baik dari segi pelaksanaan program kegiatan di sekolah maupun pelayan terhadap wali siswa sehingga semua terjalin hubungan yang harmonis.

Meskipun di SD MP3 menerapkan sistem full day school, namun anak akan merasa nyaman dan senang karena strategi pembelajarannya:

  • Joyfull Learning

Guru membuat siswa lebih dapat menerima materi yang disampaikan dikarenakan suasana yang menyenangkan.

  • Integrated Learning

Merupakan metode yang mengintegrasikan beberapa mata pelajaran kedalam suatu tema, akan membuat suasana belajar semakin menarik. Sehingga terjadi hubungan secara logis dan konkret, kemudian siswa akan mudah mencerna mata pelajaran.

  • Meaningfull Learning

Belajar bermakna adalah belajar yang disertai dengan pengertian. Belajar bermakna muncul apabila informasi yang baru diterima oleh anak mempunyai kaitan erat dengan konsep yang sudah ada dipikirannya yang tersimpan dalam struktur kognitif.

Sambutan dari Bapak H. Mursih Haryono, BA selaku Ketua PCM Umbulharjo