Meningkatkan Mental Spiritual Siswa SD MP3 Melalui Kegiatan Mabit Di Sekolah

Anak-anak terlihat antusias mengikuti kegiatan motivasi oleh ustadz Fatan Fantastik

By: Machdar R Dahuri

Yogyakarta. Jum’at 14 September adalah tahap awal anak-anak kelas 6 SD MP3 Yogyakarta menikmati suasana Mabit di sekolah. Sedikitnya 74 siswa antusias mengikuti serangkaian kegiatan acara Mabit tersebutpun, mulai dari pembukaan yang dilaksanakan jam 17:00 WIB sampai esok hari.

Selepas jama’ah Maghrib mereka berkumpul sesuai dengan kelompok masing -masing untuk melakukan kegiatan sima’an membaca Al Qur’an secara bergilir. Setiap kelompok terdiri dari 3 sampai 4 siswa dengan satu guru pembimbing. Harapannya mereka semakin bagus kualitas bacaan Al Qur’annya.

Setiap guru pembimbing memandu, mencatat dan membenarkan dengan memberikan arahan agar kualitas bacaan semakin bagus. Catatan yang ada nantinya diserahkan ke wali kelas masing-masing untuk ditindaklanjuti.

Setelah jama’ah Isya, mereka menikmati hidangan nasi goreng spesial telur ceplok dan kerupuk di dampingi segelas teh hangat agar semakin semangat dalam mengikuti kegiatan motivasi.

Motivasi yang bertajuk “Meningkatkan mental spiritual siswa” dikomando oleh ustadz Fatan Fantastik rencananya dimulai jam 20:00 – 21:30 WIB.

Dalam kegiatan tersebut, anak-anak merasa senang dan semakin termotivasi untuk senantiasa mendekatkan diri kepada Allah. Mereka sadar bahwa hidup di dunia pada hakekatnya hanya untuk beribadah. Anak-anak juga aktif melakukan tanya jawab kepada pemateri sehingga wawasan mereka semakin terasah.

Menurut Rani Hidayatun selaku koordinator kurikulum, hal ini penting dilakukan sebagai dasar mereka untuk melangkah lebih jauh sehingga memiliki mental spiritual yang kuat. Maka kami masukkan kegiatan ini dalam agenda rutin tahunan yang dari segi pembiayaan ditanggung penuh oleh sekolah.

“Program Mabit ini merupakan agenda rutin kelas 6 yang minimal dilakukan 6 kali dalam setahun. Dengan kegiatan ini diharapkan anak-anak semakin meningkat mental spiritualnya sehingga mereka semakin dewasa dalam menghadapi masalah”

Selanjutnya disampaikan oleh Rina Suci Wulandari selaku koordinator kesiswaan bahwa anak-anak akan belajar mandiri, kesederhanaan, kerjasama dan disiplin waktu. Sebab mereka akan dibangunkan untuk melaksanakan sholat lail berjama’ah sembari menunggu waktu subuh.

Mereka akan belajar banyak hal dengan berinteraksi langsung dengan teman-temannya yang selama ini sebatas berteman dan bergaul saat jam sekolah. Namun melalui kegiatan ini mereka akan saling memahami satu dengan yang lainnya karena akan tidur bersama dengan teman-temannya.

Sedangkan menurut Endah Ismawati salah satu wali kelas 6 menyampaikan bahwa  dengan kegiatan Mabit ini anak-anak akan semakin tahan uji dan tahan banting dalam menghadapi masalah. Ketika mereka merasa kesulitan dalam memecahkan masalah, tentu Allah akan menjadi sandaran utama untuk bermunajat.

Semoga ke depan kegiatan Mabit seperti ini semakin membuahkan hasil dalam mendidik dan membimbing siswa-siswi SD MP3 agar menjadi pribadi yang unggul, berkarakter islami didasari akidah yang kuat. Sehingga saat mereka menghadapi ujian sekolah, selalu mengedepankan kejujuran, percaya diri, kemandirian serta tawakkal kepada Allah.