Kepala Sekolah Muhammadiyah Lintas Jenjang Studi Banding Ke Thailand

By: Machdar R Dahuri, M.Pd.l

Thailand. Kepala sekolah BKS Muhammadiyah Yogyakarta lintas jenjang bersama perwakilan PDM Muhammadiyah Yogyakarta melakukan studi banding ke Hatyai-Penang mulai hari Selasa sampai Ahad, 8-11 Maret 2018. Kegiatan dilaksanakan dalam rangka menggali ilmu sekaligus menjalin silaturrahmi kepada sesama saudara muslim lintas negara.

Rombongan berangkat dari Bandar Udara Internasional Adisutjipto menuju ke Bandar Udara Internasional Thailand. Mereka beristirahat di Diamond Plaza Hotel Hatyai-Penang. Setelah melepas lelah rombongan mulai melakukan kunjungan ke beberapa tempat. Banyak hal yang dapat dicontoh serta bisa diambil hikmahnya untuk mencoba dipraktekkan setelah kembali ke Indonesia. Diantaranya belajar tentang arti toleransi, bagaimana muslim minoritas di Thailand mengembangkan pendidikan Islam di sana.

Rombongan dapat semakin lebih dekat menggenal saudara-saudara muslim Thailand mengenai belajar agama dengan pendidikan karakter yg terarah mulai dari kecil walaupun mereka minoritas. Pasalnya pemerintah setempat memberi perhatian positif dalam kehidupan keagamaan.

Rombongan kemudian menuju Malaysia dengan denyut kemajuan melihat kawasan perumahan tertata rapi dan bersih di Penang dengan masjid Negeri yang megah. Di samping itu ada wisata yang menarik wisatawan domestik dan manca negara di Penang Hill yaitu mendaki gunung dengan kereta yang dipenuhi kreativitas menantang.

Selesai kegiatan, dilanjutkan singgah ke GLOW Penang Hotel. Saat perjalanan pulang ke Indonesia sempat transit ke Bandar Udara Internasional Kuala Lumpur.

Harapannya ke depan sekolah-sekolah Muhamadiyah khususnya di kota Yogyakarta semakin berlomba untuk meningkatkan pendidikan penguatan karakter sehingga pendidikan yang berada di naungan PDM Yogyakarta semakin berkualitas.